Header Ads

Infrastruktur


Desa Cabbiya yang mayoritasnya merupakan agama islam di jadikan sebagai penduduk terbesar dengan jumlah penduduk terbanyak yang menganut agama islam. Sehingga dengan banyak nya umat islam yang berada di desa Cabbiya, tempat peribadatan yang berada di desa Cabbiya adalah masjid.
Konon, masjid tertua yang berada di desa Cabbiya berada di daerah pesisir karena merupakan tempat peribadatan Singontaka yang menemukan daerah Cabbiya. yang kemudian di jadikan sebagai masjid Jami’ desa Cabbiya. namun, kebanyakan masjid yang berada di desa Cabbiya adalah masjid-masjid kecil atau yang biasa di sebut dengan surau.

Ada 7 banyak surau di desa Cabbiya yang terdiri dari 2 masjid di Dusun Jeruk Porot dan masing-masing Dusun dengan satu masjid pula. semua masjid per dusun memiliki fasilitas seperti pengeras suara, kamar mandi dan tempat wudhu’ dengan kipas angin kecil di dalamnya.




Desa Cabbiya memiliki 1 Taman Kanak, 2 Sekolah Dasar Negeri, 1 Madsrasah Ibtidaiyah dan 1 Madrasah Tsanawiyah  sedangkan untuk Sekolah Menengah Atas tidak ada. Dua Sekolah Dasar Negeri tersebut terdiri dari SDN 1 Cabbiya dan SDN 2 Cabbiya. Taman Kanak-kanak desa Cabbiya yang bernama RA Tunas Bangsa I di dirikan pada tahun 2008 oleh pemerintah dan memiliki jumlah peserta didik sebanyak 36 dengan rincian kelas A sebanyak 24 siswa dan kelas B sebanyak 12 siswa. Sedangkan untuk tenaga pendidik sebanyak 3 dan 2 kelas.
SDN Cabbiya 1 memiliki jumlah peserta didik sebanyak 47 yang terdiri dari 6 kelas sedangkan untuk tenaga pendidik berjumlah ­­­8 guru yang terdiri dari 6 guru PNS dan 2 guru honorer. Jumlah siswa tiap kelas di SDN Cabbiya 1 pada kelas 1 sebesar 6 siswa, kelas 2 sebesar 8 siswa, kelas 3 sebesar 9 siswa , kelas 4 sebesar 3 siswa, kelas 5 sebesar 14 siswa, dan kelas kelas 6 sebesar 7 siswa. SDN 2 Cabbiya memiliki peserta didik sebanyak 101 dengan jumlah kelas sebanyak 8 sedangkan tenaga pendidik berjumlah 8. Madrasah Ibtidaiyah merupakan lembaga pendidikan yang setara dengan SD. Jumlah peserta didik MI yaitu 87 dan tenaga pendidik sebanyak 7.
Selain 2 SDN dan MI Desa Cabbiya juga memiliki 1 Sekolah MTS yaitu MTS. Al Ma’arif Talango. Jumlah peserta didik MTS yaitu 98 yang terbagi menjadi 4 kelas yaitu kelas VII A, VIII A, IX A dan IX B. Sedangkan untuk tenaga didik berjumlah 5 guru.


No comments