Header Ads

Kelautan

Desa Cabbiya juga memiliki potensi yang cukup besar dalam mengembangkan potensi hasil laut diantaranya perikanan dan budidaya rumput laut. Salah satu dusun yang berprofesi sebagai nelayan dan petani rumput laut yaitu dusun Cabbiya Pesisir. Dusun cabbiya pesisir merupakan dusun yang hampir 75% warganya berprofesi sebagai nelayan dan petani rumput laut.
Para nelayan di dusun Cabbiya Pesisir tidak memiliki tambak untuk budidaya ikan. Ikan yang diperoleh oleh nelayan biasanya dimakan langsung dan jarang sekali dijual kalau jumlahnya tidak banyak. Beberapa jenis ikan yang dihasilkan oleh nelayan didusun pesisir diantaranya adala ikan teri, ikan tongkol, udang dan ikan kakap. Jenis kendaraan yang digunakan oleh nelayan yaitu sampan dan perahu diesel. Jenis alat tangkap ikan diantaranya jala lempar, jarring insang serta pancing ulur. Selain ikan dimakan sendiri dan dijual, masyarakat sering memanfaatkan ikan sebagai krupuk ikan. Namun, krupuk-krupuk tersebut hanya sebagai konsumsi pribadi warga tanpa adannya proses penjualan.


Rumput laut merupakan salah satu potensi terbesar didesa Cabbiya, tepatnya pada dusun Cabbiya pesisir. Warga Cabbiya pesisir memanfaatkan letak dusunnya yang dekat dengan laut yang memiliki kandungan kadar garam yang cocok digunakan dalam pembudidayaan rumput laut. Hampir 75% penduduk dusun Cabbiya pesisir bermata pencaharian petani rumput laut. Dari hasil pembudidayaan rumput laut tersebut, mampu mencukupi kebutuhan sehari-hari warga Cabbiya pesisir tersebut.


No comments